Profil Aprilia Manganang, Kekuatan Utama Timnas Voli Putri Indonesia

Posted on Senin, 9 Juli 2018 | 11:47 WIB

     

Aprilia Manganang atau April, begitu ia akrab disapa, punya bentuk fisik yang unik. Tubuhnya atletis, hampir mirip pria. Ia memiliki otot kaki yang kekar, yang membuatnya bisa melompat tinggi. Mungkin April adalah pevoli wanita dengan lompatan paling tinggi saat ini di Indonesia. Kemampuan melompat tinggi yang dimiliki April membuat ia dengan mudah melakukan over block atau melewati blok-blok dari pemain lawan saat sedang menggebuk bola di atas net.

Bakat Aprilia menggebuk bola Voli sebenarnya baru muncul ketika ia remaja. Anak dari pasangan Akip Zambrut Manganang dan Suryati Bori Lano ini hanya mengikuti jejak sang kakak, Amasya Manganang yang sudah lebih dulu terjun ke dunia voli. Kedua kakak beradik ini bermain voli demi untuk mencari uang tambahan untuk membantu perekonomian keluarga. Aprilia bermain voli sejak SMP dari guru olahraganya di Sangir. Sempat berhenti bermain voli sewaktu SMA karena bermain basket, Aprilia kembali menekuni voli saat melihat kakaknya mempunyai banyak penghasilan dari voli. Ia masuk klub pertama kali tahun 2011 di klub Alco Bandung. Aprilia mengaku mencari rezeki dari bermain voli. Dengan bermain voli, ia berharap dapat membantu keuangan keluarganya.

Sebelum bermain voli, April pernah mencoba olahraga Atletik, hingga ke tingkat perlombaan antar provinsi. Selain itu, ia juga pernah bermain bola basket. Tapi, di voli ia akhirnya menjatuhkan pilihan karena alasan ekonomi. "Pas lihat kakak bisa bawa duit banyak setiap abis main voli di turnamen tarkam (antar kampung), saya akhirnya mencoba main voli," kata Aprilia menuturkan.

Aprilia memiliki pengalaman lucu mengenai bayaran pertama ia bertanding. Bayaran pertama yang ia terima sebagai pevoli adalah sebungkus mie rebus dan telur ayam ketika ia tampil di tarkam saat masih SMA pada 2011. Setelah itu saya bergabung dengan tim Alco Bandung dan ikut Proliga, ganti tim BNI 46, Manokwari Valeria, lalu bergabung bersama Jakarta Elektrik PLN. Kemudian seiring penampilannya yang terus membaik, bayaran April mulai meningkat drastis. Kini setelah tampil di turnamen besar, ia sudah bisa membuat keluarganya hidup sejahtera, dan membelikan orang tuanya kebun. Kini di masa-masa puncak performanya, ada satu kegundahan yang masih dirasakan April yaitu masalah gender, bahwa dirinya adalah memang seorang perempuan.

Status gender April yang dipertanyakan oleh tim Filipina pada SEA Games 2015 bukanlah yang pertama kali. Ia pun pernah dipermasalahkan saat bertanding di Liga Bola Voli Indonesia pada tahun 2011 damn 2013. Meski sempat berkecil hati dengan protes orang-orang terhadap dirinya namun ia berusaha membuktikan bahwa ia layak diperhitungkan sebagai pemain. Toh selama ini tes-tes medis yang ia ikuti membuktikan kalau dirinya memang benar wanita seutuhnya. Keluarga dan orang-orang yang mendukungnyalah yang membuat Aprilia tetap bertahan.

"Saya merasa diri saya adalah perempuan, cuma orang mungkin melihat dari fisiknya, sikapnya saja," kata April. Manajer putri Electric PLN, Heri Hermawan, memberikan jaminan bahwa status jenis kelamin April sudah clear. "Pada awal Proliga 2015 dimulai, sudah disampaikan oleh KONI bahwa April memang perempuan. Sudah ada surat dokternya juga,” papar Heri.

BICARA TENTANG ASIAN GAMES 2018

Dalam gelaran Asian Games, April berharap bisa melampaui target yang diberikan. Ia dan kawan-kawan di tim nasional voli putri dibebani target lolos hingga fase delapan besar. Target timnas putri sendiri lebih rendah daripada target yang dibebankan untuk tim putra, yakni mendapatkan medali. Hal inilah yang membuat dara Sulawesi Utara itu termotivasi dan optimistis timnas voli putri bisa melangkah lebih jauh.
"Memang, target kami dari pemerintah adalah delapan besar. Namun kami ingin lebih baik. Kalau bisa empat besar," ujar Aprilia saat acara diskusi Asian Games 2018 di Jakarta, Senin, 21 Mei 2018.

Menurut Aprilia, skuad Indonesia sudah mengetahui kualitas lawan yang dihadapi nantinya seperti apa. "Tapi kami akan berusaha kasih yang terbaik", tutup April.


BIODATA:
Nama: Aprilia Manganang
Kelahiran: Tahuna, 27 April 1992
Tinggi/Berat: 170 cm/70 kg
Klub: Alko BNI, Valeria Papua Barat, Jakarta Electric PLN
Prestasi:
• Juara Kedua Proliga 2014 Bersama (Valeria Papua Barat),
• Juara 1 Pertamina Proliga 2015 bersama (Jakarta Electric PLN),
• Juara 1 dan Best Spiker Pertamina Proliga 2016 bersama (Jakarta Electric PLN),
• Pemain terbaik (MVP) bersama (Jakarta Electric PLN) Proliga 2017.



Stories Terbaru

Card image cap
Profil Emilia Nova, Pelari Gawang Peraih Perak Asian Games 2018

Profil Emilia Nova, Pelari Gawang Peraih Perak Asian Games 2018

Baca Selengkapnya
Card image cap
Profil Hening Paradigma, Peraih Emas Paralayang Asian Games 2018

Hening-Atlet-Paralayang

Baca Selengkapnya